5 Tips Modal Utama Dalam Berbisnis

Posted on

Bisnis usaha merupakan salah satu solusi yang cukup menjanjikan untuk masa depan yang cerah dan terjamin. Dengan membuka bisnis usaha tentunya kita akan mendapatkan keuntungan seutuhnya tanpa harus mengikuti kemauan/aturan orang lain. Terlihat cukup menyenangkan bukan?

Akan tetapi, semua tidak semudah seperti yang ada dalam bayangan. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar bisnis usaha dapat berdiri dengan lancar. Salah satu yang menjadi bagian penting dalam pembangunan sebuah bisnis usaha adalah modal.

Banyak orang yang ingin memulai sebuah bisnis, namun dipatahkan dengan kendala modal. Tak sedikit dari mereka  yang beranggapan bahwa modal materi menjadi titik pusat berdirinya sebuah usaha/bisnis. Padahal, untuk memulai sebuah bisnis usaha modal yang dibutuhkan tidak hanya dari segi materi saja. Masih ada beberapa jenis modal lainnya yang perlu dipersiapkan dengan baik.

READ ALSO:  The Easiest Way of Online Business on Facebook & Instagram

Lalu, apa saja modal utama yang diperlukan dalam membangun sebuah bisnis usaha? Simak pemaparan mengenai modal utama membangun bisnis di bawah ini.

Modal Utama Dalam Berbisnis

Materi/Harta

Keuangan Salah Satu Modal Utama Dalam Berbisnis
Keuangan Salah Satu Modal Utama Dalam Berbisnis (Pixabay.com)

Pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai sebuah bisnis adalah materi atau harta. Keuangan yang akan digunakan untuk membangun sebuah usaha utamakan dari harta milik pribadi, entah berupa emas ataupun tabungan di bank.

Mengapa demikian? Hal ini bertujuan agar usaha yang dirintis dapat berjalan maksimal, meskipun sedikit, yang penting adalah konsistensi pemasukan penghasilannya. Bukan melarang menggunakan modal usaha dari pinjaman. Hanya saja diperlukan mental yang kuat dan strategi khusus untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

Banyak kasus usaha yang gagal akibat salah penempatan keuangan. Ketika modal mengambil dari pinjaman, kita harus memikirkan bagaimana setiap bulannya bisa memenuhi tagihan yang telah disepakati di awal. Jika pembagian keuangan tidak sesuai dengan yang seharusnya, tentu keuangan perusahaan akan berantakan dan dapat menyebabkan gulung tikar.

Solusi lain yang dapat ditempuh pengusaha agar mendapatkan modal keuangan yakni dengan menjalin kerja sama bisnis usaha dengan orang lain. Dimana orang ini akan berperan sebagai penanam modal.  Resiko yang diterima tentunya lebih ringan dari mengambil pinjaman di bank. Hal ini dikarenakan dalam kerja sama tersebut menggunakan sistem bagi hasil, sehingga bagian yang diberikan dalam setiap bulannya sesuai dengan pendapatan keuntungan dari bisnis usaha tersebut.

Ketrampilan

Ketrampilan Bersosial/Berkomunikasi
Ketrampilan Bersosial/Berkomunikasi (Pixabay.com)

Ketrampilan termasuk salah satu modal penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Salah besar jika ada yang berfikir bahwa uang adalah segalanya dalam berbisnis. Perlu diketahui, uang tanpa ketrampilan belum tentu bisa menjadi bisnis besar masuk tabungan hingga 7 turunan tidak habis. Justru ketika punya ketrampilan dan tidak punya modal anda dapat membuka usaha.

READ ALSO:  It Features a Qualified Mentor and Its Influence in Living Business

Keuangan saja tidak dapat menjalankan bisnis dengan sempurna. Dibutuhkan modal baik secara soft skill dan hard skill dalam menjalankan misi mencapai tujuan dari bisnis yang dijalankan. Sebagai contoh kemampuan dalam berkomunikasi anda sangat baik, untuk mencari modal tidak perlu khawatir. Anda bisa mencari partner bisnis dimana  akan diposisikan menjadi penanam modal. Kelanjutan dari kerja sama tersebut biasanya akan berujung pada bisnis yang menggunakan sistem bagi hasil dengan si penanam modal.

Itulah pentingnya belajar memahami kemampuan atau keahlian yang ada dalam individu kita. Ketika kita mengetahui kemampuan apa saja yang dimiliki, disitulah ada kemudahan dalam mengambil langkah yang tepat untuk memulai sebuah usaha.

Contoh yang kedua, ketrampilanmu yang sangat menonjol adalah memasak dan management lapangan yang bagus. Kamu bisa membangun usaha yang berkaitan dengan kuliner. Di era serba modern ini banyak sekali bukan orang-orang yang malas memasak. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mewujudkan bisnis usaha. Cukup menambah sedikit pengalaman marketing dan lanjutkan menarik modal melalui partner bisnis, kemudian mulailah berbisnis.

Peluang

Kerja Sama Penanaman Modal Usaha
Kerja Sama Penanaman Modal Usaha (Pixabay.com)

 Peluang usaha merupakan kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai sebuah tujuan dengan berbagai upaya. Peluang usaha ini terdiri dari 2 istilah, yaitu peluang yang berarti kesempatan dan usaha yang berarti upaya.

Dalam dunia bisnis, peluang memiliki tujuan untuk meraih sebuah harapan berupa keuntungan, kekayaan, popularitas, sosial dan lain sebagainya. Hal ini berkaitan erat dengan sumber daya yang dimiliki. Seperti modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, dan lain-lain.

Peluang usaha yang potensial memiliki beberapa ciri diantaranya nilai jual yang cukup tinggi, bersifat nyata, bisa ditingkatkan menjadi skala industry, dan nominal investasi yang tidak terlalu besar.

Ciri-ciri tersebut dapat membantu anda dalam menyeleksi mana peluang usaha yang benar-benar berpotensi untuk dijalankan. Sebab, tidak semua peluang usaha yang bermunculan bisa dijalankan. Diperlukan analisis yang cukup teliti agar dapat diketahui progres kedepan menganai peluang bisnis yang akan ditekuni.

Untuk menggali lebih dalam lagi terhadap suatu peluang usaha, seorang pengusaha harus selalu berfikir positif dan inovatif. Pola pikir yang harus ditanamkan diantaranya percaya/yakin akan suatu keberhasilan, mau mengkuti perkembangan ide-ide kreatif yang ada, semangat kerja yang tinggi, mau mendengarkan saran orang lain, mampu berkomunikasi dengan baik, dan introspeksi diri dengan baik.

READ ALSO:  Stock Investment Makes Profit. Here's the Profit Calculation!

Kemauan

Kemauan Menjalankan Bisnis
Kemauan Menjalankan Bisnis (Pixabay.com)

Dibagian ini, modal yang harus dikeluarkan sangatlah sulit. Mengapa sulit? Sebab, memiliki harta yang banyak, ketrampilan yang cukup menarik, peluang usaha banyak, namun jika tidak ada modal yang satu ini bisnis usaha tidak dapat berdiri.

Apakah itu? Yakni adalah kemauan. Kemauan bisa dikatakan niat hati seseorang dalam menjalankan suatu aktivitas tertentu. Tak jarang orang yang mengatakan bahwa kunci utama dalam berbisnis itu kemauan. Modal yang lain pasti seiring berjalannya waktu akan mengikuti.

Kemauan ialah modal paling utama dan paling mendasar agar bisa menggerakan memulai bisnis usaha. Semangat dan pantang menyerah juga perlu ditanamkan, karena merintis bisnis usaha tentu tidak mudah. Akan banyak hambatan atau rintangan yang harus dihadapi.

Akhir Kata

Berhentilah berpikir bahwa modal utama berbisnis hanya uang. Pada realitanya banyak sekali modal selain uang yang harus dimiliki sebelum memulai merintis bisnis usaha. Ada ketrampilan baik soft skill maupun hard skill yang harus dikuasai, minimal satu bidang keahlian. Selanjutnya ada peluang, dimana tidak perlu menunggu harus memiliki modal uang dulu. Saat ada peluang segeralah mengeksekusinya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Perlu diingat bahwa kesempatan terkadang tidak datang dua kali, maka manfaatkanlah kesempatan yang saat ini sedang berada di hadapanmu. Namun, hal tersebut tidak mengurangi prosedur memulai bisnis, yaitu menganalisis peluang yang ada secara detail hingga ke akar-akarnya supaya bisnis yang akan dibangun berjalan dengan lancar kedepannya.

Terakhir adalah kemauan, niat dari hati yang terdalam memulai sebuah bisnis usaha. Dengan niat ini, segala urusan yang akan diselesaikan menuju pada perwujudan bisnis akan diberi kemudahan jalannya. Rasa percaya diri, semangat yang tinggi disertai dengan ambisi, pemikiran yang cerdas dan disiplin akan sangat membantu keberhasilanmu.